TREDING FOREX FREE

Sabtu, 16 Desember 2017

VISUAL BASIC

Posted by gguntur599 on 22.38 with No comments
MICROSOFT VISUAL BASIC

VIsual Basic

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tetapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

KODE SUMBER
Dalam ilmu komputer, kode sumber (Inggris: source code) atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku atau media lainnya.

Contoh Kode
Kode berikut menampilkan kotak pesan "Hello, World!":
Private Sub Form_Load()
    ' Execute a simple message box that says "Hello, World!"
    MsgBox "Hello, World!"
End Sub
Kode berikut membuat sebuah perhitungan naik setiap 1 detik dan menampilkannya di label (sebuah kontrol label dan timer dibutuhkan di dalam form agar bisa bekerja):
Option Explicit
Dim Count As Integer
Private Sub Form_Load()
    Count = 0
    Timer1.Interval = 1000 'milidetik
End Sub
Private Sub Timer1_Timer()
    Count = Count + 1
    Label1.Caption = Count
End Sub

Jenis Project Yang terdapat pada Visual Basic 6.0 


Jenis tipe/aplikasi Project yang terdapat pada Visual Basic 6.0


Berkas:Berbagai macam jenis tipe aplikasi project pada visual basic 6.png

  • Standard EXE: Tipe aplikasi ini merupakan tipe aplikasi yang biasa dipakai untuk keperluan bisnis yang umum, tanpa harus berhubungan dengan aplikasi yang lain. Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator.
  • ActiveX EXE: Tipe aplikasi yang digunakan untuk aplikasi lain sebagai bagian dari suatu service. Service ini dapat berjalan didalam komputer yang sama ataupun pada komputer lain melalui “remote automation” atau DCOM. Biasanya service ini tidak menyediakan interface visual. Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan untuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX DLL: Tipe aplikasi ini biasanya dibuat untuk digunakan oleh aplikasi lain sebagai bagian dari suatu service. DLL terdapat pada komputer yang sama dengan aplikasi yang menjalankannya. Aplikasi ini tidak menyediakan Interface Visual. Tetapi ia dapat juga dijalankan pada komputer yang lain yang menjalankan Microsoft Transaction Server. Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX Control: Adalah komponen software yang bisa digunakan untuk perangkat-perangkat yang mendukung teknologi ActiveX. Control dari ActiveX ini, dapat ditulis dalam berbagai jenis bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Visual Basic dan Java. Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain.
  • VB Application Wizard: Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.
  • Addin: Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
  • Data project: Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
  • DHTML Application: Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
  • IIS Application: Project ini menghasilkan apliaksi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
  • VB Wizard Manager biasanya digunakan untuk membangun sebuah wizard yaitu kumpulan informasi dari pengguna yang akan digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.
  • ActiveX Document Dll : Project jenis ini dapat membangun sebuah Document Active dengan ekstensi file berupa DLL.
  • ActiveX Document Exe : ActiveX Document Exe hanpir sama dengan ActiveX Document DLL, namun format file yang dihasilkan berupa ekstensi Exe.
  • VB Enterprise Edition Control : VB Enterprise Edition Control pada dasarnya sejenis dengan project Standard EXE, bedanya kalau VB Enterprise Edition Control semua tools VB Enterprise Edition akan di aktifkan
Beberapa contoh ActiveX Control dan kegunaannya :

  • DateTimePicker Control. Untuk menampilkan tanggal pada aplikasi dengan tampilan kalender yang mudah dinavigasikan. yang diinput melalui Date TimePicker Control telah memenuhi format penulisan tanggal yang benar.
  • Pogress Bar Control. Dengan penunjuk progress, aplikasi dapat terhindar dari tampilan yang monoton, yang bisa jadi pengguna akan mengira aplikasi tersebut mengalami hank jika tidak memiliki progress bar.
  • DataGrid Control. dapat menampilkan database pada sebuah grid.
  • reeView Control. Berguna untuk menampilkan data dalam bentuk hirarki. Terutama jika data kita memiliki banyak level dan jenjang, maka dengan menggunakan TreView Control, illustrasi data akan menjadi jelas dan user friendly.
  • MsChart Control. menambahkan grafik pada aplikasi dengan berbagai pilihan hanya perlu menyediakan data berupa angka pada aplikasi untuk membentuk sebuah grafik yang diinginkan.
Membuka File Distribusi exe dan setup exe


Visual Basic atau yang sering disebut dengan VB adalah program yang bisa dipakai untuk membuat sebuah program baru. Bila kita inginkan, program yang telah kita buat bisa kita ubah menjadi aplikasi file .exe atau file setup.exe yang bisa di install di komputer-komputer lain. Program aplikasi dapat terdiri dari satu file saja atau lebih.
Agar program yang kita buat dapat dijalankan tanpa menggunakan visual basic (berdiri sendiri), maka kita harus mengkompilasi program tersebut menjadi file executable (exe).
Hasil kompilasi program tergantung dari jenis file yang dikompilasi. Jika file berjenis .vbp maka hasil kompilasinya .exe. Jika file berjenis active x in process maka hasil kompilasinya .dll. Sebelum kompilasi pastikan program tidak ada masalah, karena akan mempengaruhi proses kompilasi.
Program yang kita buat harus dapat didistribusikan kepada pengguna program. Sebetulnya dengan membuat file .exe kita sudah dapat dengan mudah mendistribusikannya kepada pengguna, hanya saja terkesan tidak profesional. Agar program kita lebih terlihat profesional maka kita dapat membuat program instalasi dari program tersebut. Maksudnya program yang kita buat harus diinstalkan pada komputer pengguna, begitu juga untuk membuangya kita harus melakukan uninstal program. Visual basic sudah menyediakan utility package and deployment wizard yang dapat membantu kita dalam mewujudkan file instalasi (file setup). Namun sebelum kita melakukan proses ini pastikan program kita tidak terdapat gangguan atau masalah.
Visual Basic (yang sering juga disebut VB) selain itu disebut sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan perogram-program aplikasi berbasiskan Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic di antaranya seperti:
  • untuk membuat program berbasis windows.
  • untuk membuat objek-objek pembantu program sepert misalnya kontrol ActiveX, file help, aplikasi internet, dan seagainya.
  • menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir ber-ekstensi EXE yang bersifat executable, atau dapat langsung dijalankan.
Aplikasi yang dapat dihasilkan dengan bahasa pemrograman Visual Basic antara lain :
  • Sistem aplikasi bisnis
  • Software aplikasi SMS
  • Software aplikasi Chatting
  • Permainan (game) dan lain-lain.
Tahap akhir dalam membuat aplikasi adalah distribusi. Maksudnya adalah bagaimana aplikasi yang telah kita buat bisa dibagikan ke orang-orang yang akan menggunakannya. Untuk mendistribusikannya bisa melalui CD, flashdisk, download melalui internet,dll. Sehingga developer program harus membuat installer (untuk meginstall aplikasi ke komputer user).
Ada banyak program aplikasi yang dapat membantu kita dalam membuat Setup Installer seperti Inno Setup, NSIS, dsb. Namun sebenarnya dalam Visual BASIC telah disediakan tools untuk pembuatan setup Installer, yaitu Package & Deployment Wizard.

berukut gambaran tools nya
gambar Menjalankan aplikasi visual basic 6.0
Berkas:Membuat File Exe - VB 6 - 1.PNG
gambar membuat  file exe

Berkas:Start 1.png
gambar membuat file setup dengan vb 6

berikut kisi-kisi tentang pemerograman vc 6.0 


Categories:

0 komentar: